Selasa, 05 Mei 2009

Magnoliopsida

Classis Magnoliopsida

Classis Magnoliopsida terdiri atas enam subclassis terpilih. Adapun rincian dari keenam subclassis tersebut adalah sebagai berikut :

1. Subclassis Magnoliidae

Subclassis Magnoliidae terdiri dari 8 ordo, 39 famili, dan 12.000 spesies. Habitus dari subclassis ini sangat beragam, mulai dari pohon yang berkayu sampai herba. Beberapa famili pada subclassis ini adalah Magnoliaceae, Annonaceae, Lauraceae, Piperaceae, dan Nymphaceae.
a. Magnoliaceae
Famili ini memiliki ciri, habitus berupa pohon dan semak, stipula besar dan kadang-kadang membentuk ochrea, memiliki banyak stamen dan ovarium yang tersusun spiral, perianthium. Contoh spesiesnya adalah Michelia champaca dan Michelia grandiflora.
b. Annonaceae
Anggota famili ini memiliki habitus berupa pohon atau perdu. Kaliks dan korolanya berjumlah kelipatan 3 dengan kaliks tersusun dalam 2 lingkaran. Contohnya adalah Annona muricata (sirsak), A. squamosa, Cananga odorata. Kegunaan dari beberapa anggota famili ini adalah sebagai buah-buahan.
c. Lauraceae
Habitus berupa pohon dan perdu aromatik, memiliki bunga majemuk dengan tipe perbungaan panikula, spika, racemes, dan umbela. Contohnya adalah Persea americana (alpukat).
d. Piperaceae
Anggota famili ini umumnya memiliki daun berbentuk jarum, batang berbuku, dan memiliki bau aromatis. Perbungaan berupa spika dengan ukuran bunga yang kecil. Contohnya adalah Piper bettle yang digunakan sebagai bumbu masak.
e. Nymphaceae
Famili ini terdiri atas tumbuhan air yang bergetah, terapung dalam air, dan memiliki daun tunggal. Contoh tumbuhannya adalah Nymphaea odorata (teratai) yang merupakan tanaman hias.

2. Subclassis Hammamelidae
Subclassis ini terdiri atas 11 ordo, 24 famili dan 3400 species, namun yang akan dibahas hanya 2 famili dari 2 ordo yang berbeda.
a. Moraceae
Famili Moraceae termasuk pada ordo Urticales. Famili ini memiliki ciri, stipula besar, bunga bebrentuk bongkol, cawan, piala. Selain itu, biasanya tumbuhan ini memiliki getah, contoh spesiesnya adalah Ficus benjamina (beringin), Ficus elastica, dan Morus alba. Tumbuhan anggota famili ini biasanya dimanfaatkan sebagai tumbuhan peneduh dan sebagai makanan (Morus alba)
b. Casuarinaceae
Famili Casuarinaceae merupakan anggota ordo Casuarinales. Ciri-ciri famili ini adalah daun termodifikasi seperti sisik, daunnya tersusun secara berkarang, bunga uniseksual, dan memiliki biji yang bersayap. Contoh tumbuhannya adalah Casuarina equisetifolia (cemara laut).

3. Subclassis Caryophyllidae
Habitus umum subclassis ini beragam (pohon – herba). Stamennya tersusun sentrifugal. Subclassis ini memiliki 3 ordo, 14 famili, dan 14.000 species. Famili yang dibahas ada 6, yaitu :

a. Portulacaceae
Habitus tumbuhan ini berupa herba dengan daun yang berdaging (sukulen). Bunganya tuggal dengan stamen yang berjumlah sama dengan petalnya. Contohnya adalah Portulaca sp.
b. Caryophyllaceae
Habitus berupa herba, memiliki nodus yang menggembung, dan duduk daunnya berhadapan. Contoh tumbuhannya adalah Dianthus plumarius (anyelir). Tumbuhan ini digunakan sebagai tanaman hias.
c. Cactaceae
Batang sukulen, daun termodifikasi menjadi duri, memiliki bunga tunggal. Anggota tumbuhan ini banyak digunakan sebagai tanaman hias, misalnya Opuntia sp.
d. Amaranthaceae
Habitus berupa herba, bunga majemuk (spika) dan memiliki banyak brachtea. Kaliks serta korola tidak bisa dibedakan karena bentuknya tipis seperti membran. Anggota famili ini dimanfaatkan sebagai sayuran, misalnya Amaranthus hybridus (bayam).
e. Nyctaginaceae
Ciri khas famili ini adalah memiliki braktea yang berwarna dan persisten, dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Contohnya adalah Bougenvillea spectabilis dan Mirabilis jalapa (bunga pukul empat).
f. Polygonaceae
Habitus berupa herba, memiliki buku yang menggembung, kaliksnya petaloid (seperti korola). Contoh tumbuhannya adalah Antigonon leptopus (air mata pengantin).

4. Subclassis Dilleniidae
Subclassis ini terdiri dari 13 ordo, 78 famili dan 25.000 species. Adapun famili yang dibahas ada 7 famili.
a. Dilleniaceae
Habitus berupa pohon, perdu, liana, korolanya cepat luruh, dan termasuk apokarp. Contoh Dillenia phillipinensis (sempur).
b. Theaceae
Tumbuhan ini berkayu dan berdaun tunggal, letak daun tersebar, dan biseksualis. Contoh Thea sinensis.
c. Malvaceae
Habitus beragam, dari pohon sampai herba. Tumbuhan ini memiliki stamen yang banyak dan tersusun dalam stamina column. Contohnya adalah Hibiscus rosasinensis (kembang sepatu).
d. Passifloraceae
Habitus herba sampai perdu, memiliki sulur, kaliks dan petal berjumlah lima, dan memiliki androgynophore. Contohnya adalah Passiflora quadringularis (markisa)
e. Caricaceae
Habitus berupa pohon berkayu lunak, daun tunggal atau majemuk, dan bunga uniseksualis. Contoh tumbuhannya adalah Carica papaya.
f. Cucurbitaceae
Habitus berupa herba memanjat, bunga kelipatan 3, bunga tunggal dan uniseksualis. Biasanya tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai sayuran, contohnya Shecium edule (labu) dan Cucumis sativus (mentimun).
g. Brassicaceae
Habitus berupa herba, bunga majemuk racemosa, biseksualis, dauntunggal atau majemuk dan letaknya tersebar. Kegunaannya sebagai sayuran, misalnya Brassica sinensis (petsai) dan Rhapanus sativus (lobak)

5. Subclassis Rosidae
Habitus umumnya pohon, semak, atau herba. Jumlah famili mencapai 114 dan merupakan subclassis yang terbanyak anggotanya. Namun, famili yang dibahas hanya berjumlah 8 famili.
a. Rosaceae
Umumnya berdaun tunggal, bunga majemuk hypanthium. Anggotanya terdiri atas 100 genus dan 3000 species. Contohnya Rosa sp dan Prunus sp.
b. Mimosaceae
Daun berupa daun majemuk, memiliki perbungaan (kapitulum, spika, dan racemosa). Buah merupakan buah legum atau polong. Contoh tumbuhannya adalah Mimosa pudica (putri malu)
c. Caesalpiniaceae
Daun tunggal atau majemuk, habitus bervariasi, buah legum, bunga tunggal atau majemuk. Contohnya Caesalpinia pulcerrima.
d. Myrtaceae
Habitus perdu dan pohon, kulit batang mudah terkelupas, buah tunggal (bacca atau drupa). Contoh tumbuhannya adalah Psidium guajava (jambu biji)
e. Euphorbiaceae
Habitus berupa perdu, pohon, herba, biasanya bergetah, bunga uniseksual. Contohnya adalah Euphorbia sp.
f. Anacardiaceae
Habitus perdu atau pohon, buah tunggal berupa drupa, bunga majemuk bisa biseksual ataupun uniseksual. Contohnya Mangifera indica (mangga).
g. Rutaceae
Habitus perdu atau pohon, bunga tunggal, pada daun terlihat titik-titik terang jika dilihat arah menentang matahari.Contoh tumbuhannya adalah Citrus sp.
h. Apiaceae
Habitus berupa herba, batang berongga dan aromatis, bunga majemuk umbella yang dikelilingi braktea involukrum. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan sebagai sayuran, misalnya Daucus carota (wortel).

6. Subclassis Asteridae
Habitus umumnya berupa pohon, semak dan herba. Famili yang dibahas ada 7, yaitu
a. Apocinaceae
Bunga tunggal atau majemuk, petal terdiri atas tubus, limbus, faux. Kuncup bunga biasanya terpilin (kontortus), buah tunggal atau ganda. Contohnya Plumeria sp (kemboja)
b. Solanaceae
Bunga tunggal atau majemuk, pentamer, sepal bersatu dan persisten, petal bersatu berbentuk seperti corong. Contohnya adalah Solanum sp.
c. Convolvulaceae
Habitus bervariasi, batang berongga, bunga tunggal atau majemuk, bentuknya actinomorph, petal bersatu berbentuk lonceng. Contohnya Ipomoea aquatica (kangkung).
d. Verbenaceae
Habitus berupa herba atau perdu, bunga majemuk, aktinomorph, daun tunggal tanpa stipula dan letaknya berhadapan. Contoh spesiesnya adalah Lantana camara.
e. Lamiaceae
Habitus bervariasi, mengandung minyak atsiri, bunga majemuk, bilabiatus, zygomorf, daun tunggal tanpa stipula. Contoh tumbuhannya adalah Ocimum basilicum.
f. Rubiaceae
Daun tunggal berhadapan dan memiliki stipula interpetiolar, bunga tunggal, aktinomorph, biseksual. Contoh tumbuhannya adalah Ixora sp
g. Asteraceae
Daun tunggal, tanpa stipula, letaknya tersebar atau berhadapan, bunga majemuk (kapitulum) dikelilingi braktea involukrum, memiliki 3 bentuk bunga yaitu bunga pita, bunga tabung, dan bunga bibir. Contoh tumbuhannya adalah Helianthus anuus (bunga matahari)

Berbagai gambar anggota Magnoliopsida

0 komentar:

Posting Komentar